Cara Membuat Bakso Bakar yang Lezat dan Enak

cara mudah membuat baksi bakar

Cara membuat bakso bakar – Apa yang kalian bayangkan ketika memikirkan bakso? Kuahnya yang nikmat, rasa sapi yang sedap dan teksturnya yang lembut membuat kita tergiur untuk menyantapnya. Tapi tunggu dulu, bakso yang satu ini memiliki rasa dan cara masak yang unik.

Memasakanya dengan cara dibakar, dan ditambahkan dengan bumbu sate. Yap benar, bakso bakar. Bakso yang satu ini memang sangat lezat dan disukai oleh beberapa kalangan. Membuat bakso bakso bakar tak sesulit bakso yang berkuah, karena bakso bakar tidak memerlukan bahan lain seperti daun bawang, bihun, dan mie kuning.

Bicara tentang Cara membuat bakso bakar, sepertinya belum ada informasi yang valid mengenai asal-usulnya. Karena setiap daerah memiliki resep dan bumbu bakso bakar tertentu. Namun jangan khawatir, kali ini kami akan menyajikan dengan mudah. Penasaran? Yuk cek artikel dibawah ini.

Resep dan Bahan-bahan Bakso Bakar

resep bakso bakar

nibble.id

Cara membuat bakso bakar sangatlah mudah. Apapun latar belakang keahliannya, ia pasti bisa. Anda hanya perlu menyiapkan bahan dan bumbunya seperti tusuk sate, atau anda bisa membuatnya sendiri dirumah.

Lalu apa aja sih yang diperlukan untuk membuat baso bakar? Silahkan catat beberapa resep dan bahan dibawah ini.

Bahan untuk membuat Bakso Bakar:

Catatan : Bila anda ingin membuat adonan baksonya sendiri silahkan catat beberapa resep dibawah ini. Namun, jika anda ingin menggunakan bakso yang sudah jadi di pasaran, maka silahkan berlanjut pada tahap berikutnya.

  1. Siapkan tepung sagu sebanyak 50 gram.
  2. Siapkan juga Daging sapi yang sudah dicincang sebanyak 500 gram.
  3. Satu butir telur ayam juga diperlukan.
  4. Air jernih.

Bumbu halus yang diperlukan:

  1. Satu sendok makan bumbu merica.
  2. Siapkan Bawang putih secukupnya.
  3. Satu setengah sendok teh Biji pala.
  4. Seperempat bubuk kaldu sapi.
  5. Garam dapur secukupnya.
  Hiasan Dinding Kelas TK/ PAUD Menggunakan Kertas Origami

Bumbu olesan untuk Bakso:

  1. Margarin.
  2. Kecap manis.
  3. Bila perlu tambahkan irisan cabai seperlunya.

Bahan pelengkap lainnya:

  1. Acar wortel dan mentimun.
  2. Nasi, ketupat atau lontong untuk tambahan karbohidrat.
  3. Sambal Kacang untuk menambahkan rasa dan tingkat kepedasan kedalam baso bakar.

Cara Membuat Bkso Bakar

resep membuat bakso bakar

makanlagi.com

Catatan : Bila anda ingin membuat adonan baksonya sendiri silahkan ikuti langkah 1-6 dibawah ini. Namun, jika anda ingin menggunakan bakso yang sudah jadi di pasaran, maka silahkan berlanjut pada tahap berikutnya.

  1. Siapkan wadah (bisa berupa baskom atau panci) berukuran sedang, lebih baik lagi jika anda menggunakan blender atau pengaduk. Masukan bahan untuk membuat bakso tadi kedalam wadah, lalu campurkan dengan bumbu halus. Aduk semua bahan dan bumbu tersebut hingga membentuk suatu adonan.
  2. Banting dan bolak-balik adonan tersebut, hingga tekstur adonan menjadi lebih lembut. Anda tak perlu repot-repot lagi melakukan langkah nomor 2 jika anda menggunakan blender atau pengaduk.
  3. Rebuslah air di dalam panci.
  4. Sambil menunggu air mendidih, bentuk adonan bakso tadi menjadi bulatan-bulatan bakso.
  5. Masukan bulatan-bulatan bakso tadi kedalam air mendidih. Rebus hingga matang, cara mengetahui matangnya bakso sangatlah mudah. Bakso yang matang akan mengambang didalam air.
  6. Angkat bakso lalu tiriskan.

Setelah bakso berhasil dibuat, maka siapkan beberapa tusuk sate dan peralatan memanggang lainnya. Lalu, ikuti beberapa langkah dibawah ini:

  1. Tusuk semua bakso dengan tusuk sate. Isinya bisa bervariasi, bisa lima atau empat bakso tergantung selera.
  2. Oleskan bumbu kecap yang sudah dicampur dengan margarin dan irisan cabai. Ditambahkan sambal juga akan lebih nikmat.
  3. Bakar bakso diatas pemanggan hingga matang.
  4. Langkah yang terakhir, sajikan bakso bakar tadi bersama dengan bahan lengkap lainnya seperti lontong, acar, dan sambal kacang.
  Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut Dengan Mudah

Mudah bukan? Bila perlu ajak teman, keluarga atau saudara untuk berkumpul bersama membuat bakso bakar. Agar acara membuat bakso bakar ini akan menjadi lebih asyik.

Demikian artikel tentang Cara Membuat bakso Bakar. Mudah-mudahan artikel ini akan menambah wawasan ilmu pengetahuan anda. Semoga bermanfaat.

Add Comment