Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut Dengan Mudah

cara mudah menghilangkan bau jengkol

Cara Menghilangkan Bau Jengkol – Siapa yang tak kenal jengkol? Hmm sedapnya sudah terbayang bila disebutkan satu kata makan khas ini. Namun, dibalik kelezatannya jengkol mempunyai sisi kekurangan tersendiri. Ya, baunya, baunya yang khas menjadi penggangu menurut sebagian orang,

Jengkol biasanya disajikan dengan bumbu yang sangat bervariasi, mulai dari semur, gulai, dengan sambal, bahkan rendang jengkol. Ada juga yang memakannya mentah-mentah. Semua tergantung dari selera dan kebutuhan masing-masing.

Tahukah kalian? Ternyata memakan jengkol dapat merubah bau mulut dan bau air seni. Sehingga hal ini membuat para pecinta jengkol gelisah. Bagaimana tidak? Mereka harus mengurangi konsumsi jengkol secara berlebih.

Penyebab bau tak sedap pada jengkol sebenarnya berasal dari asam-asam amino yang terdapat didalam biji jengkol. Tidak salah jika kita memakan jengkol, namun bau yang ditimbulkan dapat mengurangi rasa percaya diri dan merusak relasi terhadap orang lain.

Sebenarnya ada cara yang sangat mudah untuk menghilangkan bau jengkol. Cara ini juga tidak memerlukan obat-obatan apapun sehingga semua orang bisa melakukannya. Tips yang satu ini mungkin bisa sangat bermanfaat bagi kalian para pecinta jengkol. penasaran? So, ini dia cara menghilangkan bau jengkol.

Cara Mengurangi Bau Jengkol

menghilangkan bau jengkol

hellosehat.com

1. Menghilangkan bau jengkol dengan cara mengunyah beras

Cara menghilangkan bau jengkol yang satu ini cukup terkenal dan banyak diketahui oleh masyarakat tradisional. Mengunya beras ternyata dapat mengurangi bau jengkol pada mulut. Sehabis memakan jengkol, ambilah sekitar 2 sampai 3 sendok beras, kunyah hingga beras hancur lebur dan kemudian telan.

Bila masih masih tercium aroma tidak sedap. Ulangi langkah ini satu atau dua kali. Ulangi hingga aroma jengkopl menghilang. Bagi pecinta jengkol, cara ini adalah cara yang paling ampuh untuk mengusir bau jengkol dari mulut.

2. Menghilangkan bau jengkol dengan cara memakan buah

Memakan buah juga bisa dijadikan cara untuk menghilangkan bau jengkol. Memakan buah dapat menetralisir bau yang ditimbulkan setelah kita memakan jengkol.

Lebih bagus lagi jika kita mengkonsumsi buah-buahan yang berisi banyak air seperti: Jeruk, Semangka, apel, dan strawberry. Tujuannya adalah agar bau buah-buahan tersebut dapat menghilangkan aroma tak sedap pada jengkol.

3. Menghilangkan bau jengkol dengan cara meminum kopi tanpa gula

Ambilah 4 sendok bubuk kopi atau kurang lebih seukuran kepalan tangan. Biarkan rasa pahitnya menyerap, hal ini dapat mengurangi bau jengkol secara ampuh. Bila dirasa kurang, ulangi lah langkah ini hingga 2 sampai 3 kali.

Ingat, jangan sekali-kali menambahkan gula pada kopi tersebut karena hal itu akan menambah bau tak sedap.

4.Menghilangkan bau jengkol dengan cara berkumur menggunakan air jeruk nipis

Peras jeruk nipis lalu campur dengan air. Lebih banyak kadar sari jeruk nipis maka lebih bagus pula hasilnya, lalu berkumur-kumurlah. Ulangi langkah tersebut hingga beberapa kali, lalu lihat hasilnya. Selain itu, dengan meminum perasan air jeruk nipis juga bisa membantu menghilangkan bau jengkol.

5. Menghilangkan bau jengkol dengan cara mengkonsumsi Vitamin B

Carilah buah-buahan atau sayur-sayuran yang mengandung kadar Vitamin B yang tinggi, karena Vitamin B dapat mengurangi bau jengkol.

6. Menghilangkan bau jengkol dengan cara gosok gigi

Cara ini mungkin terlihat klasik dan banyak digunakan oleh orang. Namun, menggosok gigi setiap habis makan jengkol dapat mengurangi nafas tak sedap.

Cara Menghilangkan Bau Jengkol

Langkah-langkah diatas dapat mengurangi bau bau jengkol pada mulut, namun bagaiman caranya menghilangkan bau jengkol sebelum dimasak? Berikut caranya

1. Rebusan Abu gosok

Menambahkan abu gosok pada air rebusan jengkol dapat mengurangi kadar bau pada jengkol. Rebus jengkol dengan air yang mengandung abu gosok. Rebus jengkol tadi hingga mendidih. Setelah itu, diamkan beberapa menit, lalu gantilah air rebusan abu gosok tadi dengan air dingin. Rebus menggunakan air dingin, lalu diamkan semalam.

2. Manfaatkan Air Kapur Sirih

Cara ini memiliki kesamaan dengan cara yang pertama, kita cukup merendam jengkol yang belum dimasak kedalam Air Kapur Sirih. Selanjutnya diamkan jengkol tersebut didalam air selama satu malam. Setelah itu rasakanlah perubahannya.

Bau yang berada pada jengkol mungkin bisa berkurang atau bahkan menghilang. Bila ingin merasakan hasil yang lebih maksimal, rebuslah air kapur sirih tersebut bersamaan dengan jengkol. lalu tiriskan, diamkan hingga semalaman.

3. Menggunakan Daun Jeruk

Selain dengan kapur sirih dan abu gosok, kita juga bisa menggunakan Daun jeruk untuk menghilangkan bau tak sedap pada jengkol. ketika kita sedang merebus jengkol, sisipkan potongan-potongan daun jeruk kedalamnya. Dengan aroma khas yang dimiliki oleh daun jeruk, boisa menghilangkan bau tak sedap pada jengkol.

Add Comment