Membaca Doa Setelah Adzan

doa setelah adzan

Doa Setelah Adzan – Pengertian adzan menurut istilah adalah seruan atau pemberitahuan yang menjadi tanda masuknya waktu shalat fardu, subuh, dzuhur, asya, maghrib, dan isya. Orang yang mengumandangkan adzan disebut sebagai Muadzain. Apabila telah selesai, maka muadzin dianjurkan untuk membaca doa setelah adzan.

Pada waktu setelah adzan dan sebelum iqamat, ada banyak keistimewaan yang bisa didapatkan bagi muslim yang melakukan sunah. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai bacaan adzan, setelah adzan, dan iqamat.

Ketentuan Adzan dan Bacaannya

1. Adzan

doa setelah adzan

1.bp.blogspot.com

Adzan yang sah adalah yang dilakukan setelah masuk waktu shalat. Namun untuk adzan shalat subuh dapat dilakukan dua kali yakni sebelum waktu shalat dan setelah masuk subuh atau terbitnya fajar shadiq. Bacaan adzan adalah sebagai berikut.

(٢x) اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ
(٢x) أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلٰهَ إِلَّااللهُ
(٢x) اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
(٢x) حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ
(٢x) حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ
(١x) اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ
(١x) لَا إِلَهَ إِلَّااللهُ

Bacaan Adzan Latin dan artinya:

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (2x),
Asyhadu allaa illaaha illallaah. (2x)
Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah. (2x)
Hayya‘alashshalaah. (2x)
Hayya‘alalfalaah. (2x)
Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (1x)
Laa ilaaha illallaah. (1x)

Arti Bacaan Adzan

Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. (2x)
Aku bersaksi bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah. (2x)
Marilah kita Sholat. (2x)
Marilah menuju kepada kejayaan. (2x)
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar (1x)
Tiada Tuhan selain Allah. (1x)

Bagi muslim yang mendengar adzan sebelum muadzin membaca doa setelah adzan, ada beberapa sunah yang bisa dilakukan seperti menjawab dengan bacaan LAA KHAULAWALA QUWWATA ILLA BILLAHIL ALIYIL AADZIM.

  Pengertian, Tata Cara, dan Doa Mandi Wajib

Orang yang mendengarkan adzan dapat memperoleh beberapa hikmah seperti diampuni dosannya, mendapat balasan surga, peluang doanya terkabul, menenangkan diri, dan sebagai pengingat diri.

2. Setelah Adzan Selesai

, maka muadzin melanjutkan dengan membaca doa yang berbunyi sebagai berikut:
للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

“Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz.”

Artinya: Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.” (HR. Bukhari, Abu dawud, Tarmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah).

Keutamaan membaca doa tersebut adalah akan diberi syafaat pada hari kiamat. Pertolongan atau syafaat dari Rasulullah pada saat hari kiamat antara lain adalah menanggung dosa-dosa umatnya, dimasukan ke surga tanpa hisab, dan meninggikan derajat setiap orang sesuai yang pantas baginya.

Beberapa hadis juga menyebutkan keutamaan dari membaca doa setelah adzan adalah mendapatkan khusnul khatimah. Keadaan mati yang paling baik menurut ajaran islam.

Ada beberapa makna yang terkandung dalam bacaan setelah adzan ini. Pertama adalah memohon kebenaran seruan adzan yang sempurna kepada Allah. Selanjutnya washolatil qooimah yang berarti shalat yang kekal. Makna bacaan doa tersebut adalah shalat akan selalu dikerjakan oleh umat muslim hingga hari akhir.

Bacaan dalam doa setelah adzan yang berbunyi aati muhammadanil whashiilata yang memiliki arti sesuatu yang digunakan untuk mendekatkan diri. Maksud dari kata wasilah dalam bacaan tersebut adalah perantara yang mendekatkan diri ke sisi Allah SWT.

  Doa Setelah Wudhu Beserta Tata Cara dan Sunnah Wudhu

Terdapat pula kata Al-Fadhiilah yang bisa diartikan sebagai derajat atas semua mahluk. Kedudukan tambahan bagi mahluk Allah sesuai dengan kedudukan Rasulullah. Doa setelah adzan juga memiliki bacaan wab’atsu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah.

Kalimat tersebut memiliki arti dibangkitkan Rasulullah sehingga dapat menempati kedudukan yang terpuji yang Allah janjikan.

Pada waktu antara adzan dan iqamah merupakan waktu yang memiliki keistimewaan. Pada saat itu adalah waktu diserukannya perintah untuk melaksanakan shalat. Ibadah yang menjadi tiang agama dan yang pertama akan dihisab di akhirat.

Orang yang berdoa dan menyaksikan waktu setelah muadzin membaca doa setelah adzan, imannya akan lebih tinggi dan dijauhkan dari kesyirikan. Banyak ulama yang menyerukan untuk berdoa pada waktu tersebut. Waktu setelah adzan hingga iqamah disebut sebagai salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.

3. Iqamah

Iqamah merupakan tanda akan didirikannya shalat fardu. Untuk di masjid, iqamah dilantunkan saat imam sudah siap untuk mengimami shalat jamaah. Bacaannya adalah sama seperti adzan.

Iqamah juga sering disebut sebagai adzan kedua. Mengumandangkan iqamah disunahkan untuk melirihkan dan mempercepat bacaan. Bagi kaum muslim yang mendengar iqamah, dianjurkan untuk menjawab dengan mengikuti bacaan iqamah tersebut.

Demikian beberapa ulasan mengenai adzan dan bacaan iqamah untuk menandai datangnya shalat fardu. Doa setelah adzan hanya dikumandangkan untuk adzan waktu shalat saja.

Add Comment