Kumpulan Doa Diberi Kemudahan

doa diberikan kemudahan

Doa Diberi Kemudahan – Urusan dan masalah yang terjadi dalam hidup ini tentu tidak semuanya mudah. Karena segala sesuatu yang terjadi tidak sepenuhnya sesuai dengan ekpektasi dan harapan. Ada kalanya urusan dan masalah tersebut terasa pelik dan sulit.

Saat-saat seperti itu, hal yang paling ingin dilakukan adalah menyerah dan merutuki nasib. Lantas, apakah itu akan memberi solusi? Tentu saja tidak.

Sebagai seorang muslim, hendaknya kita tetap tawakal dan berserah diri memohon petunjukNya. Jika segala usaha telah kita kerahkan namun belum juga membuahkan hasil, terkadang berdoa, bersabar, dan bertawakal menjadi salah satu solusi terbaik. Kita harus senantiasa berdoa agar terhindar dari setiap masalah serta diberi kemudahan dan kelancaran dalam menyelesaikan suatu urusan.

Berdoa seharusnya dilakukan kapanpun dimanapun, tidak hanya saat kita mendapat masalah saja. Saat memiliki sebuah hajat, berdoalah agar hajat tersebut dapat tercapai. Saat kondisi keuangan sedang menipis, berdoalah agar senantiasanya memperoleh kelancaran dalam urusan ini.

Bahkan saat sedang sakit, berdoalah agar penyakitnya segera terangkat dan disembuhkan sehingga dapat terus beraktivitas. Kemudian, saat mencari rezeki, menuntut ilmu, dan melakukan urusan lain, berdoalah agar urusan-urusan tersebut dimudahkan oleh Allah. Berdoalah dan selalu sertakan Allah dalam segala urusan.

Kumpulan Doa Diberi Kemudahan

kumpulan doa

gbika.org

Sebelum berdoa dan memohon pertolongan, perhatikan kembali setiap harta yang kita miliki. Apakah setiap makanan, pakaian, dan harta yang kita miliki sudah diperoleh dengan halal? Jika ada makanan, pakaian, atau harta yang dimiliki berasal dari uang haram seperti riba, alangkah baiknya untuk dibersihkan terlebih dahulu.

Riba sendiri memiliki arti zayidah atau tambahan. Harta riba ini hukumnya haram, baik bagi yang menerima maupunmemberi. Selain haram, riba juga dapat menjadi salah satu penyebab utama doa-doa seseorang tidak dikabulkan.

  Membaca Doa Setelah Adzan

Berikut adalah kumpulan doa diberi kemudahan lengkap beserta arti dan lafal bahasa Indonesianya.

• Doa diberi kemudahan

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul haznaa idza syi’ta sahlaa”

Artinya : “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah”.

• Doa memohon rahmat

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

“Robbanaa ‘aatinaa miladunka rohmatan, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa”.

Artinya : “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”.

• Doa dimudahkan segala urusan

يرَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِ

“Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii“

Artinya : “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”.

• Doa meminta pertolongan

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ

“Yaa hayyu ya qoyyum birohmatika astagiist“

Artinya : “Wahai Yang Maha Hidup Kekal, Yang terus menerus mengurus ( mahluk-Nya ), hanya dengan rahmat-Mu saja, saya meminta pertolongan”.

• Doa memohon ampun

رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“Robbanaa atmim lanaa nuuronaa waghfirlanaa innaka ‘alaa kulli sayaiin qadiir“.

Artinya : “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Baca-baca ini dapat dibaca setelah shalat atau disaat sedang mengalami kesusahan. Doa-doa ini dapat dibaca salah satu saja atau juga boleh seluruhnya. Satu hal yang terpenting yaitu selalu mengingat Allah kapanpun, dimanapun, dan dalam keadaan apapun.

  Mengenal Bacaan Doa iftitah dan Aturan Membacanya

Faedah Doa Diberi Kemudahan

faedah doa

http://setda.lebakkab.go.id

Banyak sekali faedah dan pelajaran yang dapat diperoleh dengan membaca doa-doa di atas. Umumnya, doa-doa tersebut mengandung permohonan pertolongan dan kemudahan. Berikut ini faedah dan pelajaran yang dapat diperoleh dari doa tersebut.

  1. Pahami bahwa kemudahan datangnya dari Allah dan atas kehendak Allah. Sesulit apapun masalahnya, jika Allah sudah berkehendak, maka kesulitan tersebut akan berubah menjadi kemudahan.
  2. Hanya menggantungkan hati kepada Allah karena barang siapa yang bertawakal kepada Allah, maka akan dipermudah segala urusannya.
  3. Memahami bahwa manusia hanyalah makhluk yang tidak mempunyai daya dan upaya. Segala sesuatu yang akan terjadi sepenuhnya atas kehendak Allah.
  4. Mengimani adanya takdir, qadha, dan qadar agar saat musibah yang tidak membuat terpuruk, begitu juga sebaliknya.
  5. Yakini bahwa segala yang terjadi dalam hidp adalah jalan terbaik yang telah Allah berikan. Meskipun pada awalnya musibah terasa sangat menyakitkan, namun percayalah akan selalu ada hikma yang dapat diambil.

Demikian kumpulan doa diberi kemudahan yang sudah kami rangkum untuk Anda. Percayalah pada semua kehendak Allah dan selalu libatkan Allah dalam segala urusan.

Doa Diberi Kemudahan

Add Comment